Kepala BNNK Karimun, Kompol Ahmad Sholeh bersama Plt Kepala Sekolah SMPN 1 Karimun menandatangani MoU kerjasama pencegahan masuknya narkoba dilingkungan sekolah
Kepala BNNK Karimun, Kompol Ahmad Sholeh bersama Plt Kepala Sekolah SMPN 1 Karimun menandatangani MoU kerjasama pencegahan masuknya narkoba dilingkungan sekolah

Karimun, Lendoot.com – SMP Negeri 1 Karimun melakukan kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun dalam rangka mencegah masuknya narkoba di lingkungan sekolah.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama BNNK Kabupaten Karimun pada Selasa (22/8/2017) kemarin.

Plt Kepala SMP Negeri 1 Karimun, Syahmaiti Agus mengatakan, penandatanganan MoU tersebut bertujuan untuk mencegah masuknya narkoba  ke dalam lingkungan sekolah khususnya SMPN 1 Karimun. Menurutnya, penandatanganan MoU merupakan langkah awal untuk menciptakan generasi muda yang bersih tanpa narkoba.

“Penandatanganan Mou ini bermaksud untuk menyukseskan program pemerintah sesuai UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan program P4GN,” kata Syahmaiti.

Syahmaiti menjelaskan, ruang lingkup dari penandatanganan MoU tersebut berisikan tentang pendeteksian dini penyalahgunaan narkoba di SMP Negeri 1 Karimun. Dalam rangka mewujudkan sekolah bebas narkoba dengan melaksanakan kegiatan P4GN terhadap siswa-siswi, Guru dan Karyawan di lingkungan sekolah.

“Penandatanganan MoU dan pengukuhan Satgas ini merupakan wujud nyata kepedulian lingkungan pendidikan dalam melakukan sinergitas antara kedua belah pihak, serta bentuk kemandirian partisipasi lingkungan pendidikan dalam upaya P4GN,” katanya.

Sementara, Kepala BNNK Karimun Kompol Ahmad Soleh mengatakan, MoU tersebut merupakan salah satu program yang telah dicanangkan sejak lama terhadap sekolah-sekolah di Karimun. SMPN 1 Karimun adalah sekolah pertama yang telah melakukan MoU bersama BNNK.

“Ini merupakan sekolah yang pertama melakukan MoU terkait P4GN bersama pihak kita. Kita apresiasikan apa yang telah mereka lakukan untuk memberantas narkoba, dan harapan saya sekolah lain dapat mencontoh apa yang telah diperbuat oleh SMPN 1 Karimun,” kata Soleh.

Ia berharap, SMP Negeri 1 Karimun bisa melakukan program P4GN secara mandiri. Menurutnya, ini merupakan salah satu peran serta Dinas Pendidikan terutama sekolah-sekolah untuk menangani masalah narkoba. (ian)