Suasana pasar Puan Maimun. (ian)
Suasana pasar Puan Maimun. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Awal tahun 2017, harga bumbu dapur di Pasar Puan Maimun Karimun melejit. Kenaikan harga yang cukup tinggi terjadi pada komoditi cabe.

Seperti cabe rawit yang sebelumnya hanya Rp 50 ribu per kilogram (Kg) mengalami kenaikan yang bombastis karena tembus hampir 100 persen, atau menjadi Rp 95 ribu per Kg.

Sementara cabe merah juga mengalami kenaikan, sebelumnya Rp 40 ribu per Kg naik menjadi Rp 50 ribu. Sementara cabe hijau yang sebelumnya Rp 40 ribu naik menjadi Rp 60 ribu per Kg.

“Naiknya sejak hari Sabtu kemarin sebelum tahun baru. Cabe rawit yang naiknya hampir 100 persen. Stok cabe rawit susah untuk cari lima kilogram saja sulit,” kata Sela, seorang pedagang bumbu dapur dan sayuran di pasar Puan Maimun, Senin (2/1/2017).

Sela juga menuturkan, selain dari harga komoditi cabe yang mengalami kenaikan bombastis, beberapa harga palawija lainnya juga demikian. Harga bawang Jawa juga mengalami kenaikan menjadi Rp 38 ribu, sebelumnya hanya Rp 30 ribu per Kg. Bombay 12 ribu. Wortel Rp 16 ribu.

“Naiknya harga ini mungkin kapalnya belum jalan, karena habis tahun baru jadi stok barang berkurang,” ucap Sela. (ian)