Butuh Ide Liburan? Jelajahi Danau-Danau Indah di Indonesia Ini!
Butuh Ide Liburan? Jelajahi Danau-Danau Indah di Indonesia Ini!

Dengan luasnya negara Indonesia dan juga kepulauan yang terhampar luas membuat negara memiliki banyak tempat yang layak dikunjungi. Tak hanya wisata baharinya, negara yang dijuluki Zamrud Khatulistiwa ini seperti tak akan habis dengan destinasi wisatanya. Maka tak salah banyak maskapai yang menyediakan penerbangan hampir keseluruh Indonesia, salah satunya adalah Citilink yang terkenal dengan para pramugaranya yang sering menghibur para penumpang.

Salah satu kekayaan alam yang bisa kamu nikmati adalah Danau. Indonesia memiliki ratusan danau yang indah dan rasanya sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Dan berikut 5 Danau yang dapat kamu jadikan tujuan berliburmu. Jadi, mari kita eksplor Indonesia.

1
sumber: blog.cifor.org

Danau Sentani, Papua

Wisata Papua tak hanya Raja Ampat, salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Danau Sintani. Danau ini merupakan salah satu danau terindah di Indonesia, berlokasi di lereng cagar alam Cyloop. Dengan ketinggian 75 mdpl.

Yang menjadikan danau ini unik adalah kekayaan biota lautnya, bayangkan, kamu bisa menemukan hiu di danau ini. Ada hiu sentani dan hiu gergaji yang menjadi salah penghuninya. Dan siap-siap pula terpesona dengan ke-22 pulaunya. Yang dihuni oleh suku Sentani. Dan jika kamu akan mengunjungi danau ini, datanglah dipertengahan tahun, karena di waktu inilah biasa diadakan festival Danau Sentani.

2

Danau Maninjau, Sumatera Barat

Jika kamu berkendara 140 km kesebelah utara Kota Padang, kamu akan menemukan sebuah danau vulkanik, yang indah. Berada diketinggian 460 meter di atas permukaan laut, Dananu Maninjau. Danau yang merupakan salah satu danau terindah di Indonesia ini wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Sumatera Barat.

Danau ini juga terkenal dengan tempat kelahiran Buya Hamka dan Rangkayo Rasuna Said. Jika kamu ingin pemandangan yang lebih dramatis, kamu bisa melihat danau ini dari Kelok 44 dan juga Puncak Lawang.

3

Ranu Kumbolo, Jawa Timur

“Dirikan tenda dan bebaskanlah jiwamu”. Di danau ini, kamu bisa mendirikan tenda warna-warni. Terletak di kaki Gunung Semeru, membuat kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencapainya, karena track trekking cukup menantang. Apalagi bagi pemula.

Di danau ini terdapat satu pohon yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Yang katanya, dengan bantuan pohon ini, semua keinginanmu akan terkabul.

4

Danau Labuan Cermin, Kalimantan

Kamu pasti sering melihat foto-foto danau ini di Instagram, jernihnya air Danau Labuan Cermin ini, membuat perahu seolah melayang.

Danau ini berjarak 6-7 km dari Ibu Kota Kabupaten Berau. Dengan penerbangan yang bisa kamu tempuh seperti hendak pergi ke Derawan, dan banyak kok wisatawan yang singgah dulu ke tempat ini sebelum ke Derawan.

Selain beningnya air danau, Danau Labuan ini memiliki keunikan lain. Yaitu airnya memiliki dua rasa. Di permukaan air akan tawar, namun jika kamu menyelam cukup dalam. Air akan terasa asin. Untuk menikmati semua keajaiban Danau ini, kamu bisa kok menggunakan penerbangan low cost seperti Citilink, cek ya tiket Citilink di Traveloka, atau cek langsung di https://www.traveloka.com/citilink dan jika kamu beruntung, maka bisa dapat harga promo, lho.

5

Danau Kelimutu, Flores

Mungkin danau ini paling sering kamu dengar, Danau Kelimutu terdiri dari 3 danau dan memiliki warna yang berbeda. Setiap warnanya diyakini memiliki makna yang dalam dan berhubungan dengan hal gaib.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi danau ini adalah saat dini hari, karena seringnya tertutupi kabut. Saat sunrise tiba siap-siap menikmati pemandangan memukau yang akan sulit kamu lupakan.

Selamat menjelajahi danau-danau di Indonesia dengan Citilink, dapatkan kenangan terindah dengan mengeksplor nusantara.