Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat meninjau mesin penggilingan padi di Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat meninjau mesin penggilingan padi di Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara (Humas Pemkab)

Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyaksikan langsung uji coba mesin penggilingan padi di Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Selasa (16/1/2018) kemarin.

Didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Muhammad Affan, Kadis Perikanan, Ruffindy Alamsjah, Kadis Perdagangan, Koperasi, UKM, dan ESDM Muhammad Yosli, Kabag Humas, Eko Riswanto dan Camat Kundur Utara, Ery Novaljadinata, Bupati juga meninjau lahan padi di desa tersebut.

Disela-sela menyaksikan uji coba penggilingan padi itu, Aunur Rafiq meminta agar kedepannya para petani di Teluk Radang dapat menghasilkan beras dengan merek maupun kemasan atas nama sendiri.

“Untuk itu saya minta OPD terkait khususnya kepala Dinas Pertanian agar membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para petani dalam mengembangkan hasil panennya,” kata Rafiq.

Rafiq juga meminta kepada petani agar dapat memulai masa tanam secara bersamaan pada Juli ataupun menyesuaikan. Sehingga panen dapat dilakukan secara  bersamaan.

Sementara itu, Kepada Dinas Pangan dan Pertanian, Muhammad Affan menyampaikan bahwa secara umum uji coba yang dilakukan berhasil dengan baik. Hanya saja dapat terdapat kelemahan pada tingginya kadar air pada gabah.

“Kekurangan itu nantinya akan dievaluasi bersama petugas penyuluh dan petani untuk solusi kedepannya,” ucapnya. (ian)