Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka secara resmi bakti sosial penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Kepri di kampung Pelipit RT 003 RW 004 Kelurahan Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Sabtu (03/03/2018).

Ketua Dewan Perwakikan Daerah (DPD) Provinsi Kepulauhan Riau (Kepri) Elimanyah Hai mengatakan, penyuluhan dan pengobatan gratis ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapat pengobatan secara gratis maupun hanya untuk sekedar memeriksa kesehatan.

“Kegiatan ini bersifat manusiawi, tidak melainkan suku dan ras atau budaya namun mencakup semua golongan masyarakat di wilayah Karimun khususnya warga yang berada di sekitar lingkungan ini,” kata Elimansyah Hai.

Elimansyah menyebut bahwa pengobatan gratis ini pihaknya mendatangkan tim medis perawat dan dokter sebanyak 24 orang, 6 orang diantaranya berasal dari Karimun. Pengobatan gratis ini hanya melayani penyakit ringan seperti, cek gula darah dan tensi dengan target sekitar 350 orang dapat dilayani untuk berobat gratis. Namun apabila jumlah tersebut melebihi dari yang ditargetkan, Ia menyampaikan orang yang datang tetap akan dilayani.

“Target kita sekitar 350 orang dapat kita berikan pengobatan secara gratis, tapi kalau pun melebihi dari target orang yang datang untuk berobat tetap kita layani,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutanya mengatakan, dirinya sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan bakti sosial seperti ini. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat khususnya warga yang tinggal di sekitaran kampung Pelipit.

“Tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak berobat sebab kesehatan itu penting,” ucap Rafiq. (Riandi/Ian)