Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq, membuka kegiatan pencanangan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) Kabupaten Karimun tahun 2018, yang digelar di halaman SMP Negeri 2 Tebing Binaan, Sei Bati Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, Rabu (1/8/2018) pagi.

Pencanangan tersebut diawali dengan penekanan tombol sirine, pelepasan balon, penyuntikan secara simbolis kepada pelajar dan penyerahan sertifikat oleh Bupati Karimun dan Wabup Karimun Anwar Hasyim, Kadinkes Karimun Rachmadi serta FKPD dan Ketua Tim PKK Kabupaten Karimun.

Pencanangan tersebut mengambil tema ”Lindungi buah hati anda dari bahaya penyakit Campak dan Rubella dengan Imunisasi MR (Anak Sehat Generasi Cerdas).

Dalam sambutannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, program ini merupakan bentuk pembangunan kesehatan dalam upaya preventif

“Imunisasi sangat penting dan merupakan cara paling efektif dan efesien untuk mencegah penyakit tertentu, menghindari kecacatan dan mengurangi angka kematian,” katanya.

Rafiq menjelaskan, kampanye MR ini dilakukan serentak seluruh nusantara, kecuali di Jawa, yang mana Jawa telah melaksanakan nya pada tahun 2017. Oleh karena itu Rafiq meminta seluruh masyarakat mendukung dan mensukseskan program nasional tersebut.

“Seluruh camat harus melakukan pencanangan kampanye MR di tingkat Kecamatan. Begitu juga para lurah dan kepala desa dan jajarannya untuk mendukung program imunisasi rutin sehingga warga terbebas dari penyakit-penyakit menular berbahaya ini,” jelasnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, dalam pelaksanaan ini pihaknya menargetkan imunisasi sebanyak 65.090 anak usia 9 bulan sampai 15 tahun untuk mencegah measles rubella (MR) atau campak. (Riandi)