Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat memimpin upacara bendera pada peringatan Hardiknas 2018 di halaman kantor bupati tadi pagi
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat memimpin upacara bendera pada peringatan Hardiknas 2018 di halaman kantor bupati tadi pagi (Humas)

Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq dikabarkan diperiksa sebagai saksi di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (27/8/2018).

Informasinya, orang nomor satu di Bumi Berazam itu diperiksa KPK sebagai saksi terkait perkara suap usulan dana perimbangan keuangan daerah.

Namun beredarnya kabar diperiksanya Bupati Karimun sebagai saksi di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), belum bisa dipastikan para kalangan pejabat di Pemkab Karimun.

Sektretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah, mengatakan bahwa pihak Pemkab Karimun belum mendapat kabar terkait kepastian pemeriksaan Bupati Karimun sebagai saksi di KPK.

“Belum ada. Kita baru tau kalau ada itu dari media sosial. Hingga sekarang kita belum mendapat kabar tersebut,” ujar Firmansyah, Senin sore di Kantor Bupati Karimun.

Firmansyah menyampaikan, pertemuan dirinya dengan Bupati Karimun pada Minggu (26/8/2018). Saat itu Aunur Rafiq hendak berangkat menuju Batam.

“Kemarin masih ketemu, katanya beliau mau ke Batam Cek Up,” kata Firmansyah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabag Humas Kabupaten Karimun, Didi Irawan. Dirinya mengaku masih belum dapat memastikan perihal informasi pemeriksaan Bupati Karimun, Aunur Rafiq oleh Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK).

“Saya juga belum tau. Ini mau memastikan. Takutnya isu yang tak jelas. Tapi memang ada di berita media nasional,” kata Didi.

Untuk saat ini, Didi juga belum mengtahui posisi orang nomor satu di Karimun itu. Disebutkan Didi, terakhir Ia bersama Aunur Rafiq pada Minggu pagi di Gedung Nasional Kabupaten Karimun, dalam kegiatan pelepasan 28 warga untuk mengikuti pelatihan BBPLK Serang, Banten.

“Terkahir saya sama Bupati waktu acara pelepasan pelatihan tenaga kerja,” ujarnya.

Berita mengenai pemeriksaan Aunur Rafiq telah berkembang di Karimun. Hingga saat ini belum diperoleh kejelasan apakah orang nomor satu di Bumi Berazam itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi yang menjerat pejabat Kementerian Keuangan, Yaya Purnomo, sebagai tersangka. (Parulian Turnip)