Bupati Karimun, Aunur Rafiq bersama warga melihat langsung bunga Rafflesia yang mekar di Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun
Bupati Karimun, Aunur Rafiq bersama warga melihat langsung bunga Rafflesia yang mekar di Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun (humas)

Karimun, Lendoot.com – Warga RT 08 RW 02 Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun dihebohkan dengan penemuan bunga Rafflesia yang tumbuh dan mekar di belakang Rumah Rahayu.

Diketahui, Bunga Rafflesia tersebut merupakan bunga yang sangat langka ditemukan saat ini dan telah ditetapkan menjadi ikon bunga Indonesia di dunia Internasional.

Bunga yang memiliki tinggi sekitar 30 cm berkelopak ungu dengan tangkai berwarna kuning ini pun menjadi perhatian warga sekitar dan berbondong-bondong ingin melihat secara langsung bentuk bunga tersebut.

Tak hanya warga Kecamatan Kundur Barat saja yang berdatangan. Hal ini juga mengundang penasaran Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang ingin melihat langsung keberadaan bunga tersebut saat mendapat informasi dari warga setempat.

“Semula saya tidak percaya bunga ini tumbuh di Karimun. Dan baru pertama kali ini saya melihat bunga ini. Saya biasa melihat bunga ini hanya di buku atau di internet saja,” ujar Rafiq saat mengunjungi bunga Rafflesia, Minggu (22/4/2018).

Setelah melihat bunga Rafflesia secara langsung, Aunur Rafiq pun memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk mempelajari dan meneliti bagaimana bunga tersebut bisa tumbuh di Karimun serta meminta pewarta untuk dapat memberitakan dan memviralkan bunga Rafflesia tersebut.

“Coba diteliti jenisnya. Bunga ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan, karena termasuk bunga langka.

“Rekan-rekan wartawan, bantu ya viralkan bunga ini,” kata orang nomor satu di Bumi Berazam itu.

Sementara itu, Rahayu mengatakan bahwa bunga Rafflesia tersebut diketahui telah tumbuh di belakang rumahnya sejak Rabu (18/4/2018) atau lima hari yang lalu pada saat hendak membuang sampah.

“Waktu itu saya ingin membuang sampah dibelakang rumah, tiba-tiba melihat ada tanaman yang bunganya mirip jantung pisang dengan kelopak yang cukup lebar, saat saya dekati ada aroma busuk dari bunga itu. Setelah itu saya baru sadar kalau bunga itu ternyata bunga Rafflesia,” ujarnya. (Riandi)