ilustrasi paspor. (internet)
ilustrasi paspor. (internet)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun terus melakukan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor.

Setelah sebelumnya ada Anjungan Paspor Mandiri (APM). Dalam waktu dekat, Imigrasi Karimun membuat suatu Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Secara Online atau di singkat Apapo.

Melalui aplikasi Apapo ini, masyarakat yang ingin membuat paspor dapat mendaftarkan antrian dari rumah ataupun dari mana saja. Mulai dari penerbitan baru, hingga perpanjangan masa aktif paspor melalui ponsel masing-masing.

Kepala Seksi Lalulintas Keimigrasian Kelas II Tanjungbalai Karimun, Kristian mengatakan Apapo dapat diakses melalui website dan ponsel berbasis android.

“Bagi masyarakat pengguna android dapat men-download-nya melalui playstore,” kata Kristian,” Jumat (18/1/2019).

Dalam penerapannya, setelah download dan instal, pemohon kemudian melakukan pendaftaran. Selanjutnya pemohon dapat mengisi nomor antrian sesuai Kantor Imigrasi tempatnya membuat paspor.

“Namanya Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Secara Online atau Apapo,” kata Kristian.

Kristian menyebutkan aplikasi pelayanan ini dikeluarkan oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian.

Apapo akan diluncurkan secara nasional pada tanggal 26 Januari 2018, atau bertepatan dengan HUT Imigrasi.

“Launching resminya nanti pas HUT Imigrasi. Sekarang telah diterapkan oleh beberapa Kantor Imigrasi di beberapa kota di Indonesia,” ucapnya.

Apapo merupakan versi kedua setelah pengembangan aplikasi pendaftaran online sebelumnya, yakni APM. Tujuan utamanya adalah untuk menghindari calo-calo paspor. (parulian turnip)