Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor, Iptu Rizal Rahim bersama anggotanya foto bersama para siswa-siswi SMAN 1 Karimun usai menggelar sosialisasi tentang bahaya paham radikal
Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor, Iptu Rizal Rahim bersama anggotanya foto bersama para siswa-siswi SMAN 1 Karimun usai menggelar sosialisasi tentang bahaya paham radikal (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Cegah paham Radikalisme dan Anti Pancasila masuk ke lingkungan pelajar, Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kepri memberikan Sosialisasi tentang bahaya paham Radikal di SMA Negeri 1 Karimun, Senin (23/10/2017) pagi.

Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor, Iptu Rizal Rahim yang juga bertindak sebagai pembina upacara bendera di SMA Negeri 1 Karimun menyampaikan amanat yang berisi tentang pencegahan dini terhadap masuknya paham Radikalisme dan Anti Pancasila di Kabupaten Karimun.

“Kita tujukan kepada generasi muda Karimun, karena hampir secara keseluruhan para pelaku umumnya masih berusia muda bahkan kalangan remaja, karena usia muda merupakan masa rentan sebab mereka masuk dalam tahap pencarian jati diri atau identitas. Apalagi generasi muda ini melihat adanya ketidakadilan disekeliling mereka,” kata Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor, Iptu Rizal Rahim.

Rizal menjelaskan, paham Radikalisme yang berarti suatu paham atau aliran negatif dan berbahaya yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara kekerasan guna mencapai suatu tujuan.

Sedangkan Anti Pancasila  merupakan suatu sikap yang menentang atau ketidaksetujuan atas Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia serta adanya upaya untuk mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

“Maka dari itu, para generasi penerus bangsa ini harus kita dorong dan berikan motivasi dalam menerapkan nilai-nilai pancasila yang bertujuan untuk persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

“Oleh sebab itulah, kita harus mulai pencegahan dini dari para pelajar siswa-siswi,” sambungnya. (ian)