Karimun, Lendoot.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun menggelar kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) 2018. Acara yang digelar di Hotel Aston ini dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun, Aunu Rafiq, Selasa (24/4/2018).

Kepala BPS Karimun, Nurul Choiriyati dalam pemaparannya menjelaskan pada tahun 2018 BPS mendukung program pemrintah dari berbagai sektor. Diantaranya sosial, produksi, distribusi, normilis, analisa statistik serta yang lainnya. Sementara untuk kegiatan percepatan BPS memiliki sembilan program, yang di dalamnya termasuk PMTB.

“Yaitu wisnus atau wisatawan nusantara, sutas atau survey pertanian antar sensus, podes atau pendataan potensi desa temasuk kelurahan, PMTB yang mengenai investasi visik penambahan dan pengurangan aset tetap, susenas, sakernas atau survey angkatan kerja nasional, ubinan, P2TIK, KSA dan kegiatan rutin lainnya,” papar Nurul saat pembukaan kegiatan.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang diwawancarai mengatakan sangat menyambut baik akan kegiatan PMTB yang dilakukan oleh BPS di Karimun. Pasalnya dengan adanya PMTB maka akan diperoleh gambaran mengenai jumlah investasi yang telah masuk, gambaran rencana investasi untuk ke depan serta memperoleh validasi data mengenai perkembangan investasi di Kabupaten Karimun.

“Kita menyambut baik dan akan membantu survei ini. Respondennya dari rumah tangga, pelaku usaha, peerintah hingga sampai ke tingkat desa. Mudah-mudahan kita dapat gambaran mengenai investasi di tempat kita,” kata Rafiq.

Rafiq menyebutkan secara umum iklim investasi sedang mengalami penurunan. Bukan hanya di Kabupaten Karimun saja, namun penurunan ini terjadi secara nasional. Ia menjelaskan, meskipun geografis Karimun sangat strategis, namun para investor memiliki gambaran dan hitungan tersendiri untuk berinvestasi. (ian)