Petugas BPS Karimun melakukan survei di salah satu rumah warga
Petugas BPS Karimun melakukan survei di salah satu rumah warga

Karimun, Lendoot.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun menggelar survei sosial ekonomi nasional (susenas) tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Karimun Nurul Choiriyati mengatakan, Susenas 2018 mulai dilaksanakan sejak 1 sampai 20 Maret mendatang bertujuan untuk mengetahui angka kemiskinan makro di Karimun.

“Susenas serentak ini dilaksanakan seluruh Indonesia. Kita sudah mulai update sapel pada 19-23 Febuari lalu dan mulai pencacahan pada 1 hingga 20 Maret 2018. Hasil survei ini nantinya akan dijadikan sandaran dalam memenuhi kebutuhan pemerintah,” kata Nurul, Sabtu (10/3/2018) kemarin.

Dar hasil sampel sekitar 560 rumah tangga yang terbagi di 12 Kecamatan Kabupaten Karimun, nantinya akan diambil oleh Susennas dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Karimun.

“Blok sensus ditentukan oleh BPS Pusat, sampelnya 56 blok sensus, setiap blok sensus ada 10 rumah. Ada 31 orang pencacah yang diturunkam dengan 11 orang pengawas. Setelah pencacahan, data akan dirilis BPS Pusat pada Desember mendatang,” ujarnya.

Nurul menambahkan, pelaksanaan survey sosial ekonomi nasional 2018 pada rumah tangga nanti diantaranya, pendidikan, kesehatan, sosial, perumahan, konsumsi makanan dan non makanan. Oleh karena itu, diminta kepada masyarakat untuk membantu memberikan data yang sebenarnya dan akurat.

“Kita berharap kerjasama masyarakat dalam mensukseskan Susenas 2018. Apabila ada petugas pencacah yang datang kerumah memberikan pertanyaan agar dijawab dengan sebenar-benarnya agar mendapatkan data yang akurat,” ucapnya. (Riandi)