Karimun, Lendoot.com – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepri kembali menemukan tiga jenis Zat berbahaya berupa Rhodamin B dijual pedagang di Pasar Bukit Tembak, Kelurahan Sei Pasir, Rabu (23/5/2018).

Temuan zat berbahaya tersebut setelah pihak BPOM bersama Dinas Kesehatan dan Disperindagkop Karimun melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Tiga jenis makanan tersebut, antara lain Sagu cap Mutiara, Kerupuk Palembang dan Kerupuk Merah.

Sebelumnya penemuan zat berbahaya pada makanan juga terjadi pada pemeriksaan awal BPOM Kepri di lokasi penjualan takjil kawasan Kolong Sei Lakam Timur, Selasa (22/3) kemarin.

Petugas menemukan minuman jenis es bandung mengandung zar rhodamin b yang biasanya digunakan untuk industri tekstil dan kertas.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan ESDM Muhammad Yosli mengatakan, pengecekkan makanan bertujuan untuk mencegah adanya makanan di wilayah Karimun mengandung zat kimia berbahaya.

“Kita Dinas di Karimun hanya pendampingan. Kita menyarankan mereka melakukan pemeriksaan dibeberapa titik lokasi yang dicurigai,” katanya.

Terhadap makanan yang ditemukan tersebut, selanjutnya akan dibawa ke labotorium BPOM Batam guna memastikan kandungan didalam ketiga jenis makanan itu.

Pemeriksaan direncanakan akan berlangsung selama tiga hari sejalan dengan pemeriksaaan takjil di bazar- bazar makanan di tiga Kecamatan wilayah Kabupaten Karimun. (ian)