Petugas gabungan melakukan penarikan sarden di salah satu swalayan di Karimun siang tadi
Petugas gabungan melakukan penarikan sarden di salah satu swalayan di Karimun siang tadi (humas)

Karimun, Lendoot.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam, Disperindagkop Karimun dan Dinas Kesehatan menarik 3 merek sarden dari swalayan-swalayan yang ada di Karimun.

Ketiga merek sarden yang ditarik adalah Farmerjack, IO dan Hoki. Penarikan ketiga merek panganan kaleng yang berisi ikan makarel dalam saos tomat tersebut setelah keluarnya hasil uji laboratorium oleh BPOM.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kadis Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli yang dikonfirmasi wartawan, Kamis sore (22/3/2018).

“Penarikan itu sudah mulai dari kemarin dilakukan, hari ini juga masih berlanjut. Sasarannya adalah seluruh swalayan dan toko yang menjual makanan, terutama sarden,” kata Yosli.

Yosli mengatakan, dalam penarikan sarden berbahaya tersebut pihak BPOM juga melakukan pemusnahan secara langsung dengan merusak kaleng-kaleng sarden.

“Selain penarikan, pihak BPOM melakukan pemusnahan juga. Dengan ini, kami akan lebih melakukan pengawasan terkait barang-barang di pasaran yang dapat membahayakan masyarakat, kita tidak mau barang ini beredar lah di Karimun,” ujarnya.

Yosli menambahkan, selain menarik tiga merek sarden itu, pihak BPOM juga melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang di pasaran yang terindikasi tidak memiliki izin edar. (Riandi)