Cuaca buruk di laut seperti di gambar ini membuat Syahbandar akan mengambil kebijakan menunda keberangkatan kapal.
Cuaca buruk di laut seperti di gambar ini membuat Syahbandar akan mengambil kebijakan menunda keberangkatan kapal. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun memperkirakan hujan yang disertai petir masih akan mengguyur Pulau Karimun besar dan pulau-pulau lain di sekitarnya hingga, Rabu, (3/5/2017).

Berdasarkan pantauan BMKG Karimun, wilayah Karimun dan sekitarnya masih akan diguyur hujan lebat yang disertai petir, Rabu (3/4/2017) pagi. Kondisi yang sama juga masih akan berlangsung pada siang hari. Sementara pada sore harinya, cuaca diperkirakan berawan. Namun hujan disertai petir juga akan kembali melanda di malam hari.

“Prakiraan cuaca hingga Rabu 3 Mei 2017 pukul 07.00 WIB diperkirakan masih hujan disertai dengan petir,” kata Kepala BMKG Karimun, Syamsul melalui stafnya Sirly Oktarina, Selasa (2/5/2017).

Sirly Oktarina menyebut, untuk suhu di wilayah Karimun diperkirakan berkisar antara 24 hingga 31 derajat celcius. Sementara kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 95 persen.

Dari prakiraan cuaca tersebut, BMKG Karimun menghibau agar masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat yang datang secara tiba-tiba, penurunan jarak padang mendatar, angin kencang dan kenaikan tinggi gelombang laut.

Sirly menjelaskan kondisi cuaca ini diakibatkan awan yang hitam pekat menjulang tinggi atau awan cumulonimbus. Ia menyebutkan awan ini berpotensi muncul pada pagi, siang dan dini hari.

“Selain Karimun, kondisi ini juga harus diwaspadai di Batam, Bintan dan lingga. Masyarakat juga harus mewaspadai arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepri,” ucapnya. (ian)