Karimun, Lendoot.com – Nusantara Mengaji menggelar bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham RI mengajak para narapidana (napi) mengaji bersama. Ini digelar serentak di seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Indonesia.

Mengaji bersama dengan para napi yang akan dihelat serentak di rutan dan lapas seluruh Indonesia, beaok (Kamis, 20/4), pukul 09.00 WIB, juga digelar di Rutan Kelas II Tanjungabalai Karimun.

Ketua Muslimat NU Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, para napi muslim perlu diajak mengaji bersama agar mental dan spiritual mereka semakin baik dan kuat, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran setelah keluar dari rumah binaan tersebut.

Membaca Al-Quran, kata Nyimas Jazilul, juga doliharapkan dapat mendatangkan ketenangan bagi napi.

“Dengan kegiatan ini kita hatapkan para napi dapat mengurangi stres dan tekanan yang sedang dihadapi para napi di dalam tahanan,” ujarnya.

Khataman serentak ini dilakukan selama dua jam saja, seperti Nusantara Mengaji tahun sebelumnya yang diikuti beberapa elemen umat Islam di Karimun. (*)