Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa dirinya telah menurunkan petugas kebersihan pantai untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada di pinggiran laut kawasan Jalan Nusantara.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi terkait tumpukan sampah yang berada di pinggiran laut di pesisir kawasan jalan Nusantara.

“Ini adalah sampah-sampah yang dibawa oleh air laut, pasang surut air memang sangat berpengaruh, namun dalam hal ini kita sudah siapkan petugas pantai,” kata Rafiq, saat diwawancarai di Rumah Dinas Bupati, Sabtu (24/3/2018) lalu.

Untuk itu, Rafiq menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pesisir laut sepanjang Jalan Tengku Umar Kecamatan Karimun hingga Kecamatan Meral untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya yang menempati rumah atau ruko berada di pesisir laut sepanjang jalan Tengku Umar sampai jalan Meral, buanglah sampah pada tempatnya dan jangan dibuang ke laut. Laut adalah bagian dari milik kita yang harus dijaga bersama,” ucapnya.

Rafiq menambahkan, dengan adanya gerakan Karimun bebas sampah dengan memasang baleho di setiap sudut kota, bertujuan agar masyarakat sadar untuk membuang sampah. Jadikan kebersihan menjadi sebuah budaya sejak dini.

“Apalagi dengan gerakan Karimun bebas sampah ini tidak bisa hanya gerakan dari pemerintah, namun juga kerja sama dari masyarakat. Kita juga telah memasang baleho-baleho, spanduk, serta baner bertujuan mendorong perilaku masyarakat kita agar membudayakan hidup bersih ini,” ujarnya. (Riandi)