Pelaku Pencurian menunjukkan barang bukti berupa dua unit HP hasil curian saat diamankan di Mapolsek Kundur
Pelaku Pencurian menunjukkan barang bukti berupa dua unit HP hasil curian saat diamankan di Mapolsek Kundur (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Hairuddin (18) warga Tanjungbatu Kota, Kecamatan Kundur nekat bertahan selama 16 jam di plafon rumah korbannya bernama Misran hanya untuk mencuri pada Jumat (22/9/2017).

Kapolsek Kundur, Kompol Wisnu Edhi Sadono mengatakan bahwa, dari keterangan pelaku, Ia naik ke atas plafon rumah Misran di jalan A Latif, Nomor 26 RT 003/RW 006, Keluarahan Tanjungbatu Kota, Kecamatan Kundur pada Jumat pagi, sekira pukul 10.00 WIB.

Keesokan harinya pada Sabtu (23/9/2017) dini hari, sekitar pukul 04.00 WIB. Aksinya melakukan pencurian berhasil, membawa dua unit Handpone dan sebuah amplop berisi uang Rp 3 juta.

“Pengakuannya, ia naik keatas plafon sejak pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, dan mulai beraksi pukul 04.00 WIB dini hari, esok harinya,” Kata Kapolsek Kundur, Kompol Wisnu Edhi Sadono, Selasa (26/9/2017)

Wisnu menejelaskan, pelaku diamankan berawal dari postingan barang hasil curiannya di grup jual beli Facebook, yang dilihat oleh korban. Setelah melakukan penelusuran, kecurigaan korban ternyata benar. Pelaku kemudian ditangkap oleh korban.

Ketika ditangkap oleh korban, pelaku hanya membawa satu unit ponsel. Ia mengaku satu ponsel lainnya berada di tempat lain. Korban lalu memintanya untuk menjemput ponsel tersebut.

Namun ternyata pengakuan itu hanyalah akal-akalan semata untuk melarikan diri. Begitu ada kesempatan, Ia langsung melarikan diri.

“Jadi awalnya korban sudah nangkap tersangka ini. Tapi dia berhasil kabur lagi,” ujar Wisnu.

Setelah membuat laporan, polisi langsung melakukan penelusuran. Hasilnya polisi mengamankan pelaku di hotel di kawasan Tanjungbatu Kota pada Minggu (25/9/2017). Dari tangannya polisi juga menyita barang bukti berupa dua unit ponsel milik korban.

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolsek Kundur untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (ian)