Karimun, Lendoot.com – Warga Karimun digegerkan dengan penemuan benda-benda kerajaan milik Kerajaan Negeri Sery Mulia Karimun Bestari yang terpajang di Gedung Nasional, Jumat (19/6/2020) kemarin.

Benda-benda Kerajaan Negeri Karimun Bestari itu ditemukan pertama kali oleh Amad Daud, penjaga Gedung di depan pintu masuk aula pertemuan Gedung Nasional, Pemkab Karimun.

Mengenai benda kerajaan tersebut, Amad Daud tidak mengetahui pasti jenis benda yang terpajang di atas meja dan orang yang meletakkannya.

Namun, benda-benda yang terpajang tersebut berupa pelakat, batu-batuan, bendera BBI (Bank Berlian Indonesia), tombak, box besi, beras kunyit, kepingan logo matahari, surat pelaksanaan acara serta berkas kerajaan negeri Sery Mulia Karimun Bestari

“Saya pas bersihkan gedung, tiba-tiba terkejut melihat benda-benda itu. Kemudian saya panggil anak saya dan ternyata benda itu sudah dua hari di pajang di pintu masuk Gedung Nasional Karimun,” kata Amad, Minggu (21/6/2020).

Amad menjelaskan, sebelumnya anaknya bernama Dedi Saputra menerima surat peminjaman gedung dari seseorang bernama Sunan Syah Lilatukadar Alhad sekitar 60 tahun dengan memakai baju hitam lengkap dengan atribut.

“Kata anak saya ada seorang bapak-bapak datang mengantarkan surat peminjaman gedung tapi bukan surat bukti izin peminjaman, saya langsung tanya ke pimpinan mengenai hal ini,” jelasnya.

Amad mengatakan, dari beberapa berkas yang ada mereka akan melakukan acara seperti pameran pameran dan pelelangan Karimun Dunia yang rencananya digelar selama satu bulan dari 22 Juni hingga 22 Juli 2020.

“Di kertas tersebut mereka akan membuat acara seperti pameran dan pelelangan Karimun Dunia gitu. Acara nya akan digelar selama sebulan yakni di Gedung Nasional dan di Coastal Area. Herannya kenapa ada taburan beras kunyit dan bendera BBI di kibarkan di depan gedung,” ujarnya.

Menurut seorang warga, kemungkinan pihak yang mengibarkan bendera Kerajaan Mulia Bestari Karimun itu seperti Sunda Empire. “Mungkin nak (mau-red) jadi macam (seperti-red) Sunda Empire ya?” ujar seorang warga kepada lendoot.com.

Saat ini benda-benda berbau kerajaan tersebut telah diamankan polisi dari Gedung Nasional dan akan dibawa ke Mapolres Karimun guna mengetahui siapa pemilik dan tujuan diletakkan di depan pintu Gedung Nasional milik Pemkab Karimun itu. (rnd)

Saksikan tayangan videonya…!!