Petugas Rutan Karimun menunjukkan foto kedua tahanan yang kabur
Petugas Rutan Karimun menunjukkan foto kedua tahanan yang kabur (Riandi)

Karimun, Lendoot.com – Keempat tahanan Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun mengaku merusak jeruji besi dengan gergaji besi selama dua malam untuk kabur dari dalam rutan. Ini diungkapkan oleh R dan P dua tahanan yang berhasil ditangkap.

“Dari keterangan dua tahanan yang ditangkap, mereka mengaku sudah dua malam melakukannya dengan cara menggergaji jeruji besi dan berhasil kabur sekira pukul 04.00 WIB subuh,” kata Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tanjungbalai Karimun, Dudi Anggriyono, saat ditemui di Rutan, Sabtu (21/4/2018) siang.

Dudi menjelaskan, Usai merusak jeruji besi, mereka keluar dengan cara memanjat dinding rutan setinggi 4 meter dengan menggunakan sambungan kain sarung miliknya.

“Kamar tahanan yang dihuni oleh empat tahanan tersebut ialah kamar sel tahanan nomor 32. Mereka memanjat dinding dengan kain sarung yang disambung sebanyak lima lembar dengan memberi pemberat dibagian ujung sarung. Tiga orang berhasil manjat tembok dengan kawat berduri pada bagian atas tersebut,” ujarnya.

Diketahui, tiga tahanan tersebut yakni, P, Z dan S awalnya berhasil melarikan diri, sedangkan R masih tertinggal dalam Rangka karena terjatuh pada saat memanjat tembok dengan sarung yang digunakannya tersangkut dan bersembunyi dibalik tong air.

Dudi mengatakan, mengetahui hal tersebut, petugas langsung melakukan pengejaran terhadap tiga tahanan yang berhasil keluar dari Rutan. Namun R berhasil kita tangkap, sedangkan yang satu orang lagi (P) berhasil ditangkap di daerah Sidorejo.

“P kita tangkap di daerah Sidorejo. Saat dilakukan penangkapan dia melawan dan sempat terjadi baku hantam dengan petugas,” katanya.

Dari keterangan dua orang yang berhasil ditangkap, gergaji besi tersebut diduga didapat dari salah satu pembesuk, seorang perempuan yang merupakan kekasih dari Z.

Dudi menjelaskan, pengamanan dan pemeriksaan terhadap pembesuk telah dilakukan secara maksimal. Saat ini petugas rutan masih melakukan pencarian terhadap Z dan S dengan berkoordinasi pada pihak Polres, Lanal, Kodim dan Pelabuhan. (Riandi)