Petugas kapal patroli BC 30004 saat mengamankan kapal bermuatan ratusan ton rotan
Petugas kapal patroli BC 30004 saat mengamankan kapal bermuatan ratusan ton rotan

Karimun, Lendoot.com – Kapal patroli BC 30004 menegah satu unit kapal berbendara Indonesia bernama KLM MBB GT 172 bermuatan ratusan ton rotan yang diduga ilegal. Dari pengakuan nahkoda, rotan tersebut berasal dari Kalimantan dan hendak diangkut ke Malaysia.

Penegahan dilakukan, Minggu (21/1/2018) saat Satgas Patroli Kanwil DJBC Khusus Kepri bersama Crew Team Kapal Patroli BC 30004 Pangkalan Sarana Operasi BC TBK sedang melakukan Patroli di Selat Karimata.

Petugas curiga melihat kapal KLM MBB GT 172 yang melintas. Saat ditegah, kapal kayu asal Kalimantan tersebut menutupi muatannya menggunakan terpal warna hitam.

Ketika diperiksa muatan rotan yang diangkut, nahkoda KLM MBB GT 172 tidak bisa menunjukkan dokumen pelindung yang dipersayaratkan sebagaimaa ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya sarana pengangkut, muatan serta sembilan awak kapal digiring ke Kanwil DJBC Khusus Kepri untuk diproses lebih lanjut.

Humas Kanwil DJBC Kepri, Refly Silalahi menyebutkan hingga saat ini blum ada tersangka yang ditetapkan pihaknya. Kasus rotan ilegal ini masih ditangani penyidik Kanwil DJBC Khusus Kepri.

“Menurut pengakuan nahkoda jumlah rotan yang diangkut sebanyak 171 ton atau 1.200 bundel. Untuk tersangka belum ada karena masih tahap penyelidikan, kan baru tiba kemarin,” kata Refly Silalahi, Kamis (25/1/2018) sore. (ian)