Bawaslu Karimun dengan dibantu aparat kepolisian, Satpol PP dan Bawaslu kecamatan melakukan penertiban APK Pemilu 2019, Jumat (25/1/2019) sore.
Bawaslu Karimun dengan dibantu aparat kepolisian, Satpol PP dan Bawaslu kecamatan melakukan penertiban APK Pemilu 2019 di Sei Lakam, Jumat (25/1/2019) sore.

Karimun, Lendoot.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun dengan dibantu aparat kepolisian, Satpol PP dan Bawaslu tingkat kecamatan melakukan penertiban Atribut Peraga Kampanye (APK) pemilu 2019, Jumat (25/1/2019) sore.

Dari pantauan Lendoot.com, penetiban dilakukan di beberapa titik di Pulau Karimun Besar, di antaranya di Simpang Sei Lakam.

Simpang Lampu Merah SMA Negeri 2 Karimun, Simpang Mutiara dan beberapa kawasan di Kecamatan Tebing.

Sejumlah spanduk calon legislatif dari berbagai partai politik yang dianggap melakukan pelanggaran diturunkan oleh anggota Bawaslu dan Satpol PP.

Saat penertiban, petugas hanya menurunkan tanpa merusak APK. Selanjutnya APK-APK tersebut dibawa ke Kantor Bawaslu tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat menjelaskan penertiban diberlakukan bagi APK yang dipasang di kawasan-kawasan larangan.  “Yang ditertibkan ini di kawasan yang tidak masuk ke dalam SK KPU tentang lokasi pemasangan APK,” kata Nurhidayat.

Sebelum melakukan penertiban terkait aturan pemasangan APK, Nurhidayat menyebut pihaknya telah menyampaikan terlebih dahulu kepada partai politik. (parulian turnip)