Karimun, Lendoot.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun menggelar kegiatan sosialisasi tahapan Pileg, Pilpres, Pemilihan umum DPR, DPD, dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Acara dilaksanakan di Hotel Alisan Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Sabtu (22/9/2018) pukul 09.30 WIB.

Kegiatan ini ada dua agenda yaitu sosialisasi tahapan Pileg dan Plipres yang disertai deklarasi pemilu damai serta tolak politik uang dalam pemilu tahun 2019 dan pembubuhan cap tangan ke spanduk putih.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat menjelaskan, sosialisasi tersebut bertujuan agar seluruh peserta mengetahui aturan pemilu 2019. Pemilu aman dan damai tidak hanya tanggungjawab penyelenggara dan aparat keamanan, namun tanggungjawab seluruh komponen masyarakat.

“Bawaslu sebagai garda terdepan dalam pemilu 2019 mendatang, maka dengan itu harus melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam sosiialisasi agar pelaksanaan pemilu 2019 dapat terlaksana secara demokratis dan berkwalitas,” jelasnya.

Dikesempatan ini, Nurhidayat berharap agar seluruh elemen masyarakat Kabupaten Karimun ikut berperan aktif untuk mensukseskan setiap tahapan pemilu 2019 sesuai aturan yang berlaku.

“Diharapkan kepada elemen masyarakat dan peserta pemilu agar bersama-sama mendeklarasikan pemilu damai dan tolak politik uang dalam pemilu tahun 2019 yang sebentar lagi akan tiba,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Karimun, M. Tang menyampaikan, sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian tahapan Pemilu 2019 dan selanjutnya akan dilaksanakan tahapan masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara, penetapan hasil dan pengambilan sumpah calon terpilih.

“Dalam hal ini mari kita laksanakan pemilu 2019 dengan mematuhi regulasi atau aturan secara bersama-sama agar penyelenggaraan pemilu dapat terlaksana dengan lancar dan damai sehingga situasi daerah Kabupaten Karimun tetap kondusif,” ujarnya. (Riandi)