Karimun, Lendoot.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan peliputan dokumentasi dan pengelolaan media informasi serta evaluasi dan publikasi hasil pengawasan pada pemilihan umum tahun 2019 bersama stakeholder, di Ruang Meeting Hotel Aston, Rabu (4/12/2019).

Dalam sambutannya, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Karimun Okta Rizal menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan dasar hukum yaitu UU No. 7 tahun 2017, UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Tujuan kegiatan ini adalah melakukan evaluasi bersama serta mengidentifikasi kelemahan dari pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu tahun 2019. Pelaksanaan tahapan pemilu yang telah sukses dilaksanakan tentu atas bantuan semua pihak,” katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun Nurhidayat menjelaskan, proses pelaksanaan tahapan pemilu yang dilakukan KPU berjalan dengan lancar. Sebagai subjek dan objek pengawasan, Bawaslu juga siap menerima kritikan jika terdapat kelemahan selama menjalankan tugas.

“Melalui kegiatan ini kita bersama-sama melakukan evaluasi untuk perbaikan-perbaikan ke depan. Kami berupaya menjalankan Undang-undang demi demokrasi yang jujur adil pada pelaksanaan pemilu mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Karimun Muhammad Tang menambahkan, pada tahun 2020 kedepan Bawaslu dihadapkan dengan pemilihan kepada daerah. Oleh karenanya semoga kembali berjalan dengan baik dan sukses.

“Tentu di dalam pelaksanaan evaluasi yang dilakukan harus diperbaiki, mungkin ada masukan-masukan yang ingin disampaikan sehingga pemilu 2020 dapat tercapai dengan baik,” (riandi)