Karimun, Lendoot.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencopot seluruh Atribut Peraga Kampanye (APK), Minggu (23/9/2018).

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun Nurhidayat menjelaskan, pencoptan atribut-atribut tersebut setelah ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT). Maka dengan itu seluruh APK yang masih terbentang di Kabupaten Karimun dicopot.

“Sebelumnya kan masih bakal calon, tapi setelah ditetapkan menjadi calon, maka semuanya kita tertibkan, baik spanduk yang terpasang melintang di atas jalan, di tiang listrik, di papan reklame dan di belakang mobil angkutan kita tertibkan,” ujarnya.

Nurhidayat menuturkan, saat dilakukan penertiban, masih banyak ditemukan APK yang tidak sesuai ukuran yang telah ditetapkan dari KPU.

“Ada beberapa spanduk yang tidak sesuai ukuran. Sekarang sudah diatur dalam Peraturan KPU no 23 tahun 2018, tentang kampanye pemilihan umum, dan SK KPU No 1096 tahun 2018 tentang petunjuk teknis fasilitas metode kampanye dalam pemilihan umum 2019,”¬†katanya.

Dalam proses pencoptan APK tersebut turut dihadiri dan disaksikan dari perwakilan partai politik, serta dikawal oleh pihak kepolisian dan Satpol PP. (Riandi)