Karimun, Lendoot.com – Sejak dua hari menjelang perayaan Natal 2016, Jumat-Minggu (23-25/12/2016), tingkat kunjungan (occupancy) hotel, sangat tinggi. Malah sejumlah hotel mengatakan sudah tidak tersedia lagi kamar untuk dipesan.

“Kamar penuh, bang. sudah sejak dua hari lalu,” ujar Yuli seorang karyawan hotel di Karimun, siang tadi.

Beberapa hotel lainnya juga mengalami kondisi demikian. Bahkan beberapa sopir taksi pelabuhan mengatakan, tamu-tamu wisatawan mancanegara (Wisman) yang diantarnya kesulitan mendapatkan kamar hotel sejak kemarin.

“Banyak tamu yang kesulitan mendapatkan kamar hotel bang. Jadi memang harus jauh-jauh hari dibooking. Kalau tidak, ya begini lah harus bolak-balik dari hotel ke hotel cari kamar yang kosong,” kata Yan seorang sopir taksi pelabuhan.

Tingkat kunjungan hotel yang tinggi disebabkan bukan hanya jumlah wisatawan yang membludak, melainkan disebabkan karena banyak hotel yang disewa pekerja untuk waktu yang lama, atau istilahnya long stay.

“Banyak kamar hotel yang disewa pekerja dan ekspatriat. Mereka long stay gitu. Jadi banyak kamar yang terpakai untuk pekerja, bukan wisatawannya,” kata seorang karyawan hotel di Karimun.

Terkait liburan natal, kata karyawan hotel tersebut, ada pengaruhnya juga. Banyak pelancong dari Malaysia dan Singapura yang menghabiskan liburan panjangnya di Karimun. (sjs)