Deo Wardana (kiri foto), Romo Kristiano Widodo (tengah foto) dan Romesko Purba berfhoto seusai memgumpulkan bantuan korban Lombok di pelataran parkiran gereja Santo Joseph Tanjungbalai Karimun
Deo Wardana (kiri foto), Romo Kristiano Widodo (tengah foto) dan Romesko Purba berfhoto seusai memgumpulkan bantuan korban Lombok di pelataran parkiran gereja Santo Joseph Tanjungbalai Karimun

Karimun, Lendoot.com – Sebagai bentuk tanggungjawab dan kepedulian terhadap sesama, Paroki Santo Joseph Tanjungbalai Karimun mengumpulkan bantuan untuk Korban gempa Lombok NTB di pelataran gereja Katolik Santo Joseph Karimun dan Hati Kudus Yesus, Bati Sabtu – Minggu (8-9/9/2018).

Pastor Paroki, Romo Kristiono Widodo saat diwawancarai wartawan menyebut adapun motivasi pengumpulan dana tersebut murni merupakan tanggungjawab sebagai saudara setanah air dan kemanusiaan.

“Ini adalah wujud tanggungjawab dan kepedulian sebagai saudara sebangsa dan setanah air, bagaimanapun derita mereka adalah derita kita juga, itulah solidaritas, kita berempati atas musibah itu, kepada korban gempa Lombok agar tidak merasa sendiri, ini derita kita bersama dan kita menjalaninya bersama baik suka ataupun duka,” ujarnya.

Di tempat yang sama, koordinator pengumpulan bantuan korban gempa Lombok, Romesko Purba mewakili Pemuda Katolik menambahkan, dana yang dihimpun murni berasal dari umat Katolik di dua Gereja Katolik di Karimun.

Selain mendapatkan apresiasi dari umat Katolik, pengumpulan dana tersebut juga bertujuan menumbuhkan sifat-sifat tangggungjawab sedini mungkin.

“Selain kaum orangtua, anak-anak turut memberikan bantuan, hal tersebut akan menanamkan rasa peduli dan tanggungjawab sedini mungkin kepada anak-anak terhadap saudara-saudara kita di Lombok, anak-anak tersebut adalah generasi penerus kita,” ucap pria yang dikenal aktivis kemanusiaan ini.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kab Karimun Vandarones Purba, ST,. MH, menurutnya dalam musibah di Lombok turut menjadi penderitaan bersama.

“Kita semua turut merasakan apa yang dialami saudara saudara kita di Lombok dan sekitarnya, dan semoga hal ini dapat bermanfaat. Mari sama sama kita doakan agar saudara saudara kita di Lombok kuat dan tabah, kembali pulih dengan semangat yang baru, karena kita yakin dibalik ini semua ada hikmah dan rencana baik dari Tuhan,” ujarnya.

Pengumpulan bantuan untuk korban gempa di Lombok, NTB itu berkoordinasi dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) sebagai pihak yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan pengumpulan dana dari Pemerintah Kabupaten Karimun, bantuan dari Gereja Katolik langsung diserahkan Romo Kristiano Widodo didampingi Vandarones Purba dan Romesko Purba di sekretariat FPK. (*)