Ilustrasi proyek peemrintah daerah di Coastal Area, beberapa waktu lalu. (istimewa)
Ilustrasi proyek peemrintah daerah di Coastal Area, beberapa waktu lalu. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Pengerjaan proyek Karimun Covention Centre (KKC) yang dibangun beberapa tahun lalu di dekat Coasta Area, belum juga rampung dan mangkrak hingga saat ini.

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat dikonfirmasi wartawan di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Senin (13/2/2017), menyebut ada beberapa masalah sehingga penganggaran kelanjutan pembangunannya tak juga dapat dilaksanakan.

Memang ada beberapa masalah. Kalau kemarin di 2015-2016 kita tidak mengalami defisit mungkin sudah bisa diselesaikan untuk KCC ini, mungkin di 2018 lah,” kata Rafiq menjelaskan masalah dimaksud.

Rafiq menyebut penyelesaian pembangunan KCC, pemerintah daerah harus kembali melakukan penyusunan ke dalam anggaran APBD Kabupaten Karimun ke depan.

“Untuk menyelesaikan ini, kita harus anggarkan lagi ke dalam APBD dan pembayaran utang kepada rekanan harus diselesaikan yang jumlahnya mencapai kurang lebih 6 Miliyar. Itu menurut dari hasil audit,” ucap Rafiq.

Rafiq menambahkan, masalah yang timbul itu juga akibat adanya pergeseran dari darat ke laut yang menimbulkan Contract Change Order (CCO). Dengan kondisi demikian, maka pekerjaan dibidang itu tidak dapat dikerjakan. Dan terjadi atau kontrak perubahan pesanan sehingga ada beberapa bagian yang sudah direncanakan bergeser.

“Kedua hal tersebut belum dilakukan karena keuangan daerah sangat terbatas,” kata Rafiq. (ian)