Susi Air Kembali Layani Penerbangan Rute Karimun Pekanbaru
Susi Air Kembali Layani Penerbangan Rute Karimun Pekanbaru (dok lendoot)

bandaraKarimun, Lendoot.com – Aktivitas Penerbangan di Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA), Sei Bati Kecamatan Tebing sementara terhenti, Jumat (8/5/2020).

Perihal tersebut merujuk kondisi saat ini, usai diterbitkannya larangan mudik oleh Pemerintah Indonesia dan adanya aturan baru dari Menteri Perhubungan (Menhub) terkait layanan transportasi saat Pandemi Covid-19.

Kepala Bandara RHA Fanani Zuhri mengatakan, terhitung sejak 1 Mei 2020 Bandara RHA tidak ada melayani penerbangan perintis dari Karimun- Dabo dan sebaliknya, menyusul penghentian sementara penerbangan Karimun- Pekanbaru yang telah lebih dulu terjadi.

“Iya sementara ini tidak ada aktivitas penerbangan di bandara RHA. Sebelumnya, hanya untuk rute Karimun – Pekanbaru yang dihentikan, namun sejak 1 Mei rute Karimun Dabo juga dihentikan” kata Fanani, Jumat (8/5/2020).

Untuk penerbangan rute Karimun – Dabo, menurut Fanani pihak Susi Air informasinya masih menunggu kabar dari Manajemen Pusat untuk dapat kembali beroperasi.

“Mereka (Susi Air) Informasinya masih menyesuaikan dengan PM 25 tahun 2020. Jadi sementara ini dihentikan, soal seperti apa kedepannya kita akan minta kepastian secepatnya,” kata Fanani.

Kepala Kelompok Teknisi Bandara RHA Kukuh Arityanto menambahkan, diterbitkannya larangan mudik oleh Pemerintah Pusat ditengah Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu alasan adanya pembatalan penerbangan.

“Setelah terbit larangan mudik persyaratannya untuk terbang lumayan banyak. Jadi mereka juga masih melengkapi,” kata Kukuh.

Menurutnya, banyak dokumen- dokumen persyaratan yang harus dipenuhi Susi Air sebelum kembali beroperasi. Selain itu, melihat kapasitas penerbangan yang hanya 12 penumpang juga menjadi pertimbangan manajemen untuk kembali beroperasi.

“Masih melalui pertimbangan, karena kapasitas penumpang juga kecil, hanya 12 orang. Jadi kita tunggu perkembangannya bagaimana,” katanya.(rk)