Pemukulan bedug oleh Bupati Karimun simbolis pembukaan MTQ Kundur Utara (ian)
Pemukulan bedug oleh Bupati Karimun simbolis pembukaan MTQ Kundur Utara (ian)

Karimun, Lendoot.com – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kecamatan Kundur Utara resmi dibuka oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq. Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Rafiq di Taman Bunga Tugu Nenas Tanjung Berlian Kota pada Rabu (8/3/2017) malam.

Dalam sambutannya Rafiq mengatakan MTQ merupakan kegiatan rutin, mulai tingkat Kecamatan hingga tingkat nasional. Untuk tahun ini, Kundur Utara adalah kecamatan yang ke 10 yang mengadakan MTQ se Kabupaten Karimun.

“Keberhasilan melaksanakan MTQ bukan lah dari segi astaqa yang megah. Tapi kebersamaan dan ukuah antara masyarakat dalam menyukseskannya,” ujar Rafiq.

Ia juga mengungkapkan sangat mendukung daerah yang melaksanakan MTQ dengan menggunakan anak tempatan sebagai peserta. Karena menurutnya tujuan MTQ sendiri adalah untuk pembinaan dan mepertandingkan kemampuan anak-anak yang dibina LPTQ setempat.

“Saya sependapat berkomitmen menggunakan anak-anak lokal untuk bertanding di MTQ. Karena kita perlu memberi pendidikan dan motivasi melalui TPQ dan MTQ,” ucap Rafiq.

Sementara itu Camat Kundur Utara, Ery Novaljadinata menyebutkan pihaknya tengah membuat program untuk membentuk kualitas dengan pembinaan terhadap anak-anak dan masyarakat yang memiliki potensi dalam ilmu Al-Quran.

“Potensi banyak, hanya perlu digali lagi,” ujar Camat Kundur Utara, Ery.

Adapun peserta yang akan bertanding, yakni dari Desa Sei Ungar Utara, Kelurahan Tanjung Berlian Kota, Desa Tanjung Berlian Barat, Desa Teluk Radang dan Desa Prayun. Mereka akan berkompetisi menjadi yang terbaik dalam sembilan kelas yang dipertandingkan.

Ery berharap melalui desa dan kelurahan program ini kedepannya akan banyak melahirkan hafiz dan ahli Al-Quran dari Kundur Utara. (ian)

Baca Juga: