Kasatlantas Polres Karimun, AKP Syamsurizal saat diwawancara wartawan, siang tadi. (ian)
Kasatlantas Polres Karimun, AKP Syamsurizal saat diwawancara wartawan, siang tadi. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kurangnya kesadaran masyarakat pengendara di Karimun, khususnya kalangan pelajar, dalam berkendara seperti tidak menggunakan helmet saat berkendara di jalan raya menjadi perhatian jajaran Satlantas Polres Karimun.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pelajar tersebut, Satlantas memberikan pemahaman berupa sosialisasi berkendara yang baik kepada para pelajar. Di acara itu, Satlantas juga akan memberikan helmet cuma-cuma alias gratis.

Kasatlantas Polres Karimun, AKP Syamsurizal mengatakan dalam pekan ini pihaknya akan melakukan sosialisasi wajib menggunakan helmet ke sekolah-sekolah yang ada di Karimun. Dalam sosialisasi tersebut itulah sebanyak 300 helmet gratis diberikan kepada pelajar dan masyarakat.

“Dalam minggu ini kita akan mendatangi sekolah-sekolah, SMA dan juga SMP untuk melakukan sosialisasi wajib menggunakan helmet. Karena helm itu keselamatan terpenting bagi pengendara sepeda motor. Nanti ada juga bagi-bagi helmet gratis buat pelajar,” kata Syamsurizal.

Syamsurizal mengatakan, bahwa rata-rata orang yang meninggal dunia saat terjadinya kecelakaan lalulintas di jalan, sebagian besarnya pengendaranya tidak menggunakan alat keselamatan, seperti helmet.

“Dari kasus-kasus yang sering terjadi, rata-rata korban yang mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia kebanyakan tidak menggunakan helmet. Karena itulah kita selalu mengajak masyarakat agar selalu menggunakan helmet saat berkendara, sebab helm itu sangat berguna untuk mencegah benturan langsung kepada kepala apabila terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Ia menambahkan, penggunaan helmet saat berkendara sangat dibutuhkan demi menjaga keselamatan pengendara itu sendiri. Dengan menggunakan helmet setidaknya akan mengurangi resiko meninggal dunia akibat kecelakaan.

Mendapat kabar bakal ada helmet gratis, seorang pelajar di Karimun mengaku sangat senang. “Iya bang saya jarang pakai helmet. Kalau dapat gratis nanti, asyik lah tu,” kata pelajar sebuah SMA di Karimun, siang tadi. (ian)