KSOP Tanjungbalai Karimun, Letkol Eko Priyo saat memantau pelabuhan, Senin (19/12/2016). (ian)
KSOP Tanjungbalai Karimun, Letkol Eko Priyo saat memantau pelabuhan, Senin (19/12/2016). (ian)

Karimun, Lendoot.com – Enam hari menjelang Natal dan Tahun Baru 2017, arus mudik penumpang di Pelabuhan Domestik maupun Internasional Tanjungbalai Karimun, masih normal.

Lonjakan penumpang diprediksi KSOP Tanjungbalai Karimun, Letkol Eko Priyo di kantornya, Senin (19/12/2016), sekitar H-1 dan H+8 Januari nanti.

“Saat ini jumlah penumpang masih stabil. Prediksi kita lonjakan akan terjadi H-1 menjelang Natal dan sampai tahun baru H+8 Januari 2017,” jelas Eko.

Ia juga mengatakan para agen kapal telah menyiapkan cadangan kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang bila sewaktu-waktu terjadi penumpukkan penumpang di pelabuhan.

“Agen-agen kapal sudah menyiapkan kapal cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Eko.

Sedangkan untuk kelayakan kapal Eko menyebut sudah dilakukan uji kelayakan dan semua dinyatakan layak untuk berlayar. “Dan untuk kapal semua sudah kita lakukan uji dan dinyatakan layak untuk berlayar,” katanya.

Pihaknya akan berusaha selalu memantau situasi cuaca di lapangan agar kapal dapat berlayar dengan selamat sampai ke tujuan.

“Nah ini tugasnya Kasigamat nih, situasi di laut harus selalu dipantau dan yang pasti harus berkordinasi dengan BMKG karena keselamatan penumpang adalah yang terpenting,” pesan Eko. (ian/Lendoot)