Karimun, Lendoot.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun melakukan sosialisasi serta pengecekan alat keselamatan berlayar. Ini dilakukan di Pelabuhan Cargo Indora Kelurahan Tanjung Batu Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimu Sabtu (21/7/2018) pagi.

Pjs Danalanl TBK Letkol Laut (PM) Didik Wahyudi, M Tr (Hanla) melalui Pasops Lettu Laut (KH) Willy Wardhana menjelaskan, kegiatan tersebut mengantisipasi terjadinya laka laut yang saat ini sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya laka laut kepada para nahkoda dan ABK kapal di Tanjungbalai Karimun wilayah kerja Lanal TBK, agar mereka dan para penumpang kapal selamat saat berlayar,” ujarnya.

Untuk sosialisasi serta pengecekan alat keselamatan berlayar di wilayah Tanjung batu kota telah dilakukan oleh Anggota Pos pengamat (Posmat) Tanjung batu dan diikuti beberapa nahkoda dan crew atau anak buah kapal (ABK).

Willy mengatakan, pengecekan yang dilakukan adalah alat-alat keselamatan seperti Lift Jacket, Pelampung dan alat keselamatan kapal lainnya.

“Selain kita melakukan pengecekan, kita juga nemberikan arahan kepada  ABK kapal tentang pentingnya alat-alat keselamatan saat berlayar,” katanya.

Dia mengatakan, hasil pengecekan yang dilakukan jumlah pelampung dan lift jacket pada kapal telah memenuhi syarat, namun ada juga kondisi lift jacket kapal yang sudah tidak bagus atau rusak. (riandi)