Ica dengan buku karyanya . (ist)
Ica dengan buku karyanya . (ist)

Karimun, Lendoot.com – Jika ditanyakan kepada masyarakat Karimun, tidak berlebihan jika banyak yang memberikan jawaban menganggumkan untuk ibu dua anak, Rica Irma Dhiyanti.

Ya, Ica panggilan akrab Rica Irma Dhiyanti sukses membuat sebuah buku motivasi. Buku berjudul Endless Happiness/selalu ada rumput hijau di sekiling ranjau hasil buah tangannya berhasil diterbitkan perusahaan penerbit nasional kenamaan, Gramedia Pustaka Utama.

“Walaupun saya sedang sakit, dan saya berasal dari kabupaten di provinsi yang jauh dari Ibu Kota Jakarta, tapi saya tak menyerah untuk menuliskan inspirasi di buku ini. Dan Alhamdulillah dapat diterbitkan di penerbit nasional,” tutur istri dari Raja Radiyal Wahyudi dan ibu dari  Raja Afiifah dan Raja Saudah ini kepada Lendoot.com.

Ditanya Lendoot.com tentang motivasinya menulis buku tersebut, ini mengaku ingin berbagi tentang makna kebahagiaan, terutama kepada generasi muda.

Ica yang dibesarkan di Karimun, Provinsi Kepri ini sehari-harinya berprofesi sebagai mediator non-hakim di Pengadilan Agama. Ia juga menjalani panggilan hidupnya sebagai konselor di Kementrian Agama, dan juga sebagai fasilitator di Dinas Pendidikan Karimun. Ica juga kerap terlibat sebagai trainer pengembangan diri dan bersertifikasi sebagai Practitioner ICT® Hypnotherapy.

Latar belakang pendidikan Ica yang Strata-1 di bidang sosial dan S-2 bidang manajemen  ini mengambil bahan-bahan tulisannya dari siarannya di beberapa iven on-air dan off-air di radio dan televisi.

Ica mengaku dibesarkan dari keluarga sederhana ini sangat penuh dinamika. Ia sempat menerima undangan mengikuti kuliah kedokteran di sebuah universitas di Jakarta. Cita-cita menjadi dokter itu kandas, karena terjadi krisis moneter yang tidak memungkinkan ia melanjutkan kuliah.

Dari buku ini Ica membawa misi ingin membahagiakan dirinya dan keluarganya serta orang-orang di sekitarnya. Meskipun ia harus melawan penyakit di tubuhnya dan harus menghadapi banyak tantangan dalam profesinya.

Sementara itu peluncuran bukunya akan digelar di Gramdia Central Park Jakarta pada 4 November 2017 mendatang. Maman Suherman yang dikenal di Transtv sebagai Notulen acara Indonesia Lawak Klub (ILK) akan jadi pemandunya. Master of Ceremony dijadwalkan akan dilaksanakan presenter juga pemcaba berita  Kkompas tv, Glory Oyong.

Setelah terbit nanti, buku putri pasangan Mardiati dan Irwan  ini akan dijumpai dan dibeli dengan mudah di seluruh toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Ica juga merencanaka akan menggelar hibah buku untuk program literasi (memotifasi minat baca) untuk seluruh perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah, dari PAUD-TK, SD, SMP MTs, SMA dan perpustakaan di universitas yang ada, serta pustaka daerah serta panti asuhan intinya. Banyaknya buku yang akan dihibahkan sebanyak 400 eksemplar. (sjs)