Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun menerima bantuan Ambulance Laut bantuan dari Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) PT Timah Tbk wilayah operasi Kepulauan Riau dan Riau, Rabu (3/5/2020).

Ambulance Laut bermesin 3x 250 PK itu disiapkan untuk operasional pengangkutan pasien antar pulau dari kalangan tidak mampu di wilayah Kabupaten Karimun.

Penyerahan langsung diserahkan General Manager PT Timah Tbk wilayah operasi Kepri dan Riau Adam Darmawan kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq di Gedung Nasional Karimun.

“Bantuan ambulance laut ini berasal dari pengumpulan Zakat Profesi karyawan PT Timah. Kita harapkan bantuan ini bisa bermanfaat dan membantu Pemerintah Kabupaten Karimun dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Adam, Rabu (3/6/2020).

Ia mengatakan, PT Timah melalui CSR dan UPZ Baznas selalu siap membantu dan mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.

“Selain dari bantuan ambulance laut ini, kita juga membantu operasionalnya nanti. Tahap awal kita akan bantu sebesar Rp300 juta,” katanya.

Adam memperkirakan anggaran operasional ambulans laut tersebut per tahunnya membutuhkan sekitar Rp 1,3 miliar.

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang menerima langsung bantuan ambulance laut tersebut memberikan apresiasi dan terimakasih sebesar-besarnya kepada PT Timah.

“Kita ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada PT Timah atas bantuan ambulance laut sebagai sarana kesehatan masyarakat. Semoga para muzakki di keluarga besar PT Timah selalu dilapangkan rezekinya,” kata Rafìq.

Ia mengatakan, nantinya untuk operasional ambulance laut akan menggunakan anggaran bersama dari Pemerintah Kabupaten Karimun, PT Timah, Baznas Provinsi Kepri dan Baznas Kabupaten Karimun.

“Untuk anggaran operasionalnya kita akan bergotong royong bersama Baznas dan Pt Timah,” katanya.

Rafiq menjelaskan, ambulance laut ini akan dioperasionalkan untuk membantu transportasi pasien -pasien dari keluarga kurang mampu yang berada di pulau- pulau sekitar Karimun.

“Ini untuk mengangkut pasien dari kalangan kurang mampu, jadi bukan untuk seluruh masyarakat. Apabila mereka mampu tidak bisa,” katanya.

Sementara untuk pengelola nantinya, Rafiq mengatakan ambulance laut akan dikelola langsung oleh Baznas Karimun. Nantinya untuk teknis penggunaannya keseluruhan akan dikelola Baznas.

“Baznas yang kelola. Nanti teknisnya akan dibuat dan apabila sudah siap, sudah boleh dioperasionalkan. Dan perlu diketahui, ini gratis untuk masyarakat kurang mampu,” katanya.

(rk)