Peserta Lomba Inovasi Teknlogi Tepat Guna Kabupaten Karimun dari SMKN Kundur Utara saat meraih hadiah utama. (ian)
Peserta Lomba Inovasi Teknlogi Tepat Guna Kabupaten Karimun dari SMKN Kundur Utara saat meraih hadiah utama. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-4 se-Kabupaten Karimun resmi ditutup. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang melakukannya, Kamis (4/5/2017) di Gesung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjungbalai Karimun.

Lomba yang diikuti 20 tim tersebut, menghasilkan para juara. SMKN Kundur Utara keluar sebagai Juara I dengan menciptakan rancangan teknologi berupa alat penganyam atap daun. Untuk juara II diraih Kecamatan Tebing, yang menciptakan mesin peracik multiguna, juara III SMA Negeri I Karimun, yang menciptakan Inkubator pemercepat pemasakan buah.

Sementara untuk juara harapan I diraih SMAN 4 Kundur, yang menciptakan, pemanfaatan arang batok Kelapa dan kulit Pisang untuk penjernihan minyak jelantah. Juaran harapan II, MA Alhuda Kundur, Pemanfaatan limbah daun tanaman Singkong dan Belimbing wuluh sebagai pestisida. Juara harapan III SMAN 6 Kundur, yang menciptakan air laut sebagai alternatif sumber pembangkit listrik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suwedi mengatakan para pemenang juara I sampai III dari lomba ini nantinya akan dipersiapkan untuk menghadapi lomba yang sama di tingkat Provinsi pada 17-19 Mei yang diselenggarakan di Batam, Provinsi Kepri.

“Untuk juara I, II dan III mereka akan kita persiapkan untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi yang akan digelar Mei di Batam. Mereka akan mewakili Kabupaten Karimun,” kata Suwedi.

Suwedi menyebut bagi peserta lain yang ingin mengikuti lomba di tingkat Provinsi, masih tetap dapat untuk mengikutinya. Hanya saja mereka tidak akan ditanggung oleh pemerintah Daerah hal itu dikarenakan anggaran yang tidak mencukupi.

“Untuk lomba di tingkat Provinsi, yang lain boleh ikut sepanjang biaya masing-masing,” ujar Suwedi. (ian)