Karimun, Lendoot.com – Badan Narkotika Nasional Karimun (BNNK) berencana membentuk sekolah bebas narkoba di Karimun. Nantinya, pihak sekolah bekerjasama dengan BNN dalam melakukan pencegahan masuknya narkoba.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh kepala BNN Karimun, Ahmad Soleh kemarin disela-sela penyuluhan asistensi penguatan dan pembangunan berwawasan anti narkoba di lingkungan sekolah.

“Saya berharap semua sekolah dapat bekerjasama dengan kita, Kementerian Pendidikan dan BNN Pusat telah meneken MoU, tinggal kita di daerah melakukan kerjasama untuk saling membantu dalam mewujudkan,” kata Ahmad Soleh.

Terkait teknisnya, Soleh menjelaskan bahwa nantinya sekolah bebas narkoba, setiap pelajar yang ada di sekolah tersebut akan dilatih untuk membuat kegiatan-kegiatan positif yang dapat menhindari mereka dari narkoba. Selain itu, seluruh pelajar juga akan dilakukan tes urine untuk mengetahui apakah ada pelajar yang termasuk pengguna narkoba.

“Kita buat kegiatan positif seperti lomba puisi, karya ilmiah, perlombaan olahraga serta lainnya. Didalam kegiatan tersebut kita masukkan sedikit unsur sosialisasi terkait bahaya narkoba. Selain itu, seluruh pelajar kita lakukan tes urine, untuk mencari tahu apakah ada pengguna narkoba didalam sekolah tersebut,” ucapnya.

Ia berharap wacana sekolah bebas narkoba dapat terwujud dengan bantuan dan kerjasama dari pihak SMP dan SMA sederajat serta Dinas Pendidikan di Karimun. Wacana tersebut menurutnya apabila terealisasi akan dapat mnciptaptakan lingkungan pendidikan yang bersih. (ian)