Anggota DPRD Karimun dari Fraksi PDI-Perjuangan, Sulfanow Putra. (istimewa)
Anggota DPRD Karimun, Sulfanow Putra. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Dari pantauan anggota DPRD Karimun dari Fraksi PDI Perjuangan Sulfanow Putra, bencana banjir tidak hanya terjadi di beberapa titik yang mendapat tinjauan Bupati Karimun dan stafnya.

Dari yang dilaporkan ke Lendoot.com, masih banyak lagi warga-warga korban banjir di pemukiman lain yang tidak terpantau dan benar-benar sangat membutuhkan perhatian dan uluran tangan pemerintah daerah.

“Dari yang ditinjau pak bupati itu masih banyak lagi korban banjir lainnya di Pulau Karimun ini. Banyak yang tidak terpantau, dan mereka memang sangat butuh bantuan dan uluran tangan dari pemerintah,” kata Putra yang menjabat Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karimun, itu.

Dari segi anggaran bantuan kepada korban bencana, kata Putra, pemerintah daerah (eksekutif dan legislatif-red) bisa memberikannya dari pos anggaran bencana. “Kita ada anggaran bencana. Jika eksekutif sepakat, dana itu bisa saja kita gunakan untuk membantu korban bencana banjir saat ini,” katanya.

Untuk mendapatkan bantuan bencana, Putra meminta peran serta masyarakat untuk membantunya. “Bagi korban banjir yang tidak sempat terpantau. Kami minta berikan laporan tertulis disertai bukti-bukti dan data pendukungnya. Kami yakin ini bisa dibantu,” katanya.

Menurutnya, bantuan  tersebut sebagai solusi jangka pendek saja. Untuk jangka panjang, korban bencana juga diharapkan Putra mengambil peran sertanya dengan melengkapi laporan disertai data-data akurat dari bencana banjir tersebut.

“Jadi kalau ada bukti dan data yang akurat. kami di DPRD Karimun akan berjuang agar dianggarkan untuk solusinya saat membahas anggaran nanti. Misalnya perbaikan drainase dan sebagainya. Kami bisa perjuangkan ini jika masyarakat juga ikut memberikan masukan dan laporannya,” ungkapnya.

Mengenai tempat diajukannya laporan tersebut, Putra mengatakan bisa melalui dirinya atau anggota DPRD Karimun lainnya, bisa juga langsung ke  Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Kota Karimun. (sjs)