Pelabuhan Sri Bintan Pura. (ft Petrus M Sihotan)
Pelabuhan Sri Bintan Pura. (ft Petrus M Sihotan)

Tanjungpinang atau  sering disingkat Tg Pinang adalah Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Atau Mantan Gubernur Kepri Almarhum HM Sani lebih senang menyebut Provinsi Kepualauan Riau sebagai Provinsi Kepri.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Kota Tanjungpinang terletak di Pulau Bintan dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat, dengan koordinat 0º5′ LU dan 104º27′ BT.

Kota Tanjungpinang dahulunya adalah pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga. Sebelum dimekarkan menjadi kota otonom, Tanjungpinang adalah ibukota Kabupaten Kepulauan Riau atau sekarang sudah berubah nama menjadi Kabupaten Bintan.

Kota ini juga awalnya adalah ibukota Provinsi Riau (meliputi Riau Daratan dan Riau Kepulauan) sebelum kemudian dipindahkan ke Kota Pekan Baru.

Kota ini memiliki cukup banyak daerah pariwisata, seperti; Pulau Penyengat yang hanya berjarak kurang lebih 2 mil dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pantai Trikora dengan pasir putihnya terletak kurang lebih 65 km dari kota, dan Pantai Buatan yaitu Tepi Laut yang terletak di garis pantai pusat kota sebagai pemanis atau wajah kota (waterfront city).

Pelabuhan Laut Tanjungpinang di Sri Bintan Pura memiliki kapal-kapal jenis feri dan feri cepat (speedboat) untuk akses domestik ke Pulau Batam dan pulau-pulau lain seperti Kepulauan Karimun dan Kundur.

Seperti pelabuhan di kota-kota lain di Kepualaun Riau,  Pelabuhan Sri Bintan Pura ini juga memiliki akses pelayaran internasional ke Malaysia dan Singapura (*/sjs).