Sejumlah siswa tidak mengenakan helmet saat berkendara di Sei Bati, tadi siang.
Sejumlah siswa tidak mengenakan helmet saat berkendara di Sei Bati, tadi siang. (ade)

Karimun, Lendoot.com – Imbauan Kepala Satlantas Polres Karimun AKP Syamsurizal beberapa waktu lalu, khususnya imbauan kepada siswa sekolah yang berkendaraan roda dua agar menggunakan helmet demi keselamatannya, seperti diabaikan.

Ini terlihat dari masih banyaknya siswa sekolah yang berkendaraan roda dua namun tidak melengkapi alat keselamatan berkendara seperti helmet tersebut. Padahal, imbauan tersebut kerap disampaikan Syamsurizal dalam beberapa kesempatan ke sekolah-sekolah bahkan melalui media massa umumnya.

Pantauan Lendoot.com di kawasan pendidikan di Sei Bati Tebing, rombongan siswa yang berkendara roda dua yang baru saja pulang dari sekolah sekitar pukul 13.30 WIB, lebih banyak yang tidak mengenakan helmet daripada yang menggunakannya.

“Kalau saya perhatikan, jumlah siswa yang tidak menggunakan helmet, hampir 80 persennya, bang. Malah kebanyakan masih SMP lagi,” kata seorang warga di seputaran jalan Sei Bati kepada Lendoot.com.

Beberapa siswa sekolah yang mengendarai sepeda motor dan kebetulan berhenti di sebuah kedai kepada Lendoot.com mengungkapkan alasannya tidak mengenakan helmet.

“Di sini jarang ada polisi bang. Lagipula rumah kami dekat-dekat, je (saja-red),” ujar seorang siswa SMP yang mengendarai sepeda motor saat mampir sejenak di sebuah kedai di Sei Bati, siang tadi.

Sebelumnya, Syamsurizal mengatakan penggunaan helmet sangat penting saat berkendaraan demi keselamatan pengendara itu sendiri.

“Kecelakaan yang menyebabkan kematian karena tidak menggunakan helmet,” kata Syamsurizal kepada Lendoot.com, beberapa waktu lalu. (ade)