Suasana kepadatan di Bandara Hang Nadim Batam, tadi siang. (batampro.id)
Suasana kepadatan di Bandara Hang Nadim Batam, tadi siang. (batampro.id)

Batam, Lendoot.com – Hingga enam hari selepas hari raya Idul Fitri 2018, kepadatan arus balik di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau masih terpantau ramai.

Pada H+1 lebaran atau pada Sabtu (16/6/2018) tercatat sudah ada 7.834 orang tiba di Batam melalui jalur udara. Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 2,5 persen dibanding hari yang sama ditahun 2017 lalu.

Sementara untuk H+2 dan H+3 perbandingan jumlah penumpang yang datang justru mengalami penurunan. Rata-rata kedatangan di Bandara Hang Nadim sampai saat ini berkisar diangka 8.100 penumpang dari berbagai daerah.

“Bisa diasumsikan mengalami penurunan dibanding tahun lalu, memang sudah mulai terasa arus balik sejak sehari setelah lebaran. Tapi sekarang memang belum puncak arus balik di Bandara Hang Nadim Batam,” kata Direktur Badan Udaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso seperti dikutip dari Kepri Media Group, Rabu (20/6/2018).

Sementara itu, Suwarso menjelaskan bahwa jumlah pemudik masih terbilang tinggi walaupun sudah melewati beberapa hari libur lebaran. Data keberangkatan di Bandara Hang Nadim setelah libur lebaran masih berada di atas 9.000 orang untuk setiap harinya.

Suwarso menyampaikan puncak arus mudik melalui Bandara dengan landasan terpanjang di Asia Tenggara ini diperkirakan terjadi pada Minggu (24/6/2018) mendatang. Meskipun tidak menyebutkan perkiraan angka di puncak arus balik ini, namun kepadatan penumpang tidak akan melebih puncak arus balik di Bandara Hamg Nadim Batam pada tahun sebelumnya, berada di atas 10.000 penumpang. (KMG/miksan)