Haswen Hasan, Rumah Tahanan Kelas II B Tanjungbalai Karimun. (istimewa)
Haswen Hasan, Rumah Tahanan Kelas II B Tanjungbalai Karimun. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Dalam rangka perayaan Natal, sebanyak tujuh narapidana di Rumah Tahanan Kelas II B Tanjungbalai Karimun mendapat remisi khusus (RK-1) dan satu di antaranya mendapatkan remisi khusus bebas langsung (RK-2).

“Natal Tahun ini kita ada depalan orang yang mendapat remisi khusus bagi tahanan yang Nasrani, satu di antaranya langsung bebas atas nama Arihta Sitepu,” ucap Kepala Rutan Tbk Haswem Hasan, Minggu (25/12/2016).

Haswem menjelaskan, hingga batas waktu yang telah ditetapkan sesuai dengan persyaratan sesuai Kepres tersebut antara lain; seorang WBP minimal telah menjalani hukuman selama enam bulan, berperilaku baik selama dalam tahanan serta berkeinginan kuat untuk mengubah perilaku dari yang buruk menjadi baik.

Ia menambahkan, delapan yang mendapatkan remisi masa tahanan, masing-masing empat orang satu bulan dengan nomor surat W32-1780.PAS.PAS6.PK.01.01.2 tertanggal 25 Desember 2016 keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Dan empat orang lima belas hari, dengan nomor W32-6516.PK.01.01.2 tertanggal 5 Desember Tahun 2016.

Selain itu pihaknya menyediakan waktu bagi warga masyarakat untuk membezuk tahanan beragama Kristen pada perayaan Natal, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

“Kita berikan kesempatan bagi WBP beragama Nasrani untuk beribadah, sama seperti WBP pemeluk agama lain,” ucapnya. (ian)