Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 349 Qori Qoriah dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun bersaing menjadi yang terbaik dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Karimun ke-10 tahun 2018 di lapangan sepakbola beram, Kelurahan Alai, Kecamatan Ungar, Rabu (4/4/2018).

Adapun cabang-cabang yang diperlombakan adalah Tartil Al-Qur’an sebanyak 24 peserta yang terdiri dari putra dan putri, Tilawah Al-Qur’an sebanyak 72 peserta yang terdiri 24 Tilawah anak-anak, 24 remaja, dan 24 dewasa.

Kemudian, Pahmil Qur’an sebanyak 72 peserta yang terdiri dari putra dan putri, Sharil Qur’an sebanyak 72 peserta yang terdiri dari putra dan putri, Kwartil Qur’an dan Kaligrafi Qur’an sebanyak 59 peserta yang terdiri dari, Naskah 18 peserta, hiasan 18, dan dekorasi sebanyak 17 peserta.

Selanjutnya, Tahfiz Qur’an sebanyak 56 peserta yang terdiri dari, Tahfiz 1 Juz Tilawah 18 peserta, Tahfiz 5 Juz Tilawah 15 peserta, Tahfiz 10 Juz 14 peserta, Tahfiz 20 Juz 5 peserta dan Tahfiz 30 Jus sebanyak 4 peserta.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun yang juga sebagai ketua panitia pelaksana MTQ, Muhammad Firmansyah dalam laporanya menyampaikan, MTQ yang dilaksanakan 5 hari sejak tanggal 4 hingga 8 April ini diikuti sebanyak 349

“MTQ ini diikuti sebanyak 349 peserta dari 12 Kecamatan yakni, Kecamatan Karimun, Meral, Tebing, Meral Barat, Moro, Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Buru, Durai, Belat, dan tuan rumah Kecamatan Ungar,” katanya.

Firmansyah menambahkan, maksud dan tujuan dari pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini adalah menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dan bertujuan seleksi Qori Qoriah tingkat Kabupaten Karimun yang nantinya akan diikut sertakan dalam perlombaan MTQ tingkat Provinsi.

“Melalui Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Karimun kita wujudkan generasi Qurani yang cerdas dan agamis serta berakhlak mulia,” tutupnya. (Riandi)