Petugas Satpol-PP Karimun mengangkut puluhan Gepeng dan Anjal yang terjaring razia
Petugas Satpol-PP Karimun mengangkut puluhan Gepeng dan Anjal yang terjaring razia (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Puluhan Gelandangan Pengemis (Gepeng) dan Anak Jalanan (Anjal) terjaring razia gabungan Satpol-PP, Satbimmas Polres Karimun, Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun, Selasa (8/5/2018) pagi.

Mereka yang terjaring razia didapati di beberapa lokasi di Kecamatan Karimun, seperti pasar, pertokoan dan simpang lampu merah. Mereka selanjutnya digiring petugas dari beberapa lokasi di Kecamatan Karimun, seperti pasar, pertokoan dan simpang lampu merah.

Total keseluruhan gepeng dan anjal yang terjaring berjumlah 33 orang terdiri dari laki- laki dewasa 28, perempuan 2 orang dan anak laki- laki 2 orang dan anak perempuan 1 orang. Mereka selanjutnya didata dan dipulangkan kepada pihak keluarga dan kembali ke tempat asal.

Sekretaris Satpol PP Dasril mengatakan, para gelandangan pengemis dan anak jalanan yang terjaring berasal dari penduduk asli Karimun dan luar daerah. Terhadap warga asli Karimun selanjutnya dilakukan pemulangan kepada pihak keluarga, sedangkan luar daerah dikembalikan ke daerah asal.

“Ada 13 dari luar daerah, seperti Batam, Tanjungpinang dan Tembilahan, mereka selanjutnya dipulangkan oleh pihak Dinas Sosial. Sedangkan asal Karimun dikembalikan kepada pihak keluarga dengan mengantar mereka pulang ke rumah. Kita ingin saat bulan suci ramadhan nanti Karimun sudah bersih dari para gepeng ini,” ujar Dasril.

Ia menyebutkan, kegiatan penertiban ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan yang tinggal menghitung hari. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah. (ian)