Ilustrasi Kartu Keluarga. (ist/net)
Ilustrasi Kartu Keluarga. (ist/net)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 3.000 lembar Kartu Keluarga yang masuk dalam daftar tunggu sejak beberapa bulan lalu, akhirnya sudah dapat dicetak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun.

Pencetakan KK tersebut dapat dilakukan setelah 30 ribu blanko yang diberikan dari pusat telah tiba di Kabupaten Karimun.

Kepala Seksi Nomor Induk KK dan KTP Disdukcapil Karimun, Satalindra mengatakan, pihaknya saat ini sedang dalam proses pencetakan KK, setelah Minggu lalu mendapatkan pengadaan blanko KK dari pemerintah pusat.

“Minggu kemarin blanko datang, saat ini sedang kita cetak. Jumlah keseluruhan sekitar 3.000 KK yang ada di daftar tunggu sejak Desember 2016 kemarin,” katanya, Senin (20/3/2017).

Ia mengatakan, adanya tambahan 30 ribu blanko dari pemerintah pusat ini untuk tahun 2017 pembuatan KK diprediksi aman. Untuk itu masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

“Dengan jumlah bantuan dari pusat yang mencapai 30 ribu blanko, kita pastikan untuk pembuatan KK di Tahun 2017 aman, jadi masyarakat tidak perlu kwatir lagi,” katanya.

Sementara itu, terkait permasalahan e-KTP, hingga saat ini Disdukcapil masih belum bisa mengatasinya. Pasalnya, hingga sekarang pihaknya masih belum mendapatkan kepastian terkait blanko bantuan dari pusat.

“KTP masih ada sekitar 10 ribu dalam daftar tunggu yang belum dicetak. Terhadap warga yang mengurus KTP, sekarang kita berikan dulu surat keterangan sementara hingga pengadaan blanko KTP dari pusat tiba di Karimun,” ucapnya.

Diketahui, masyarakat Karimun yang ingin mencetak Kartu Keluarga di Dinas Catatan Sipil sejak bulan Desember tahun 2016 lalu terpaksa harus diberikan surat keterangan sementara untuk mengurus segala bentuk administrasi di instansi lain. Ketersediaan blanko KK yang sudah habis dan menunggu pengadaan kembali dari pemerintah pusat menjadi penyebabnya. (ian)