Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 208 anggota Satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) Kabupaten Karimun melakukan tes urine. Tes urine dilakukan di gedung nasional, Rabu (19/9/2018).

Bupati Karimun, Aunur Rafiq turun langsung menyaksikan proses tes urine yang dilakukan para personil Satpol-PP dengan didampingi Kasatpol-PP, TA Rahman.

“Tes urine ini untuk memastikan seluruh anggota Satpol-PP di Kabupaten Karimun bebas dari narkoba,” ucap Rafiq saat diwawancarai wartawan.

Saat ditanya alasan Satpol-PP yang dites urine, Rafiq menyebut bahwa Satpol-PP merupakan garda terdepan yang melakukan razia dan penertiban. Sehingga mereka harus benar-benar terbebas dari narkoba.

Untuk tes urine kepada para pegawai di lingkungan pemkab Karimun, Rafiq menuturkan bahwa di 2019 nanti Pemda akan menganggarkan untuk biaya tes urine.

“Karena biaya untuk tes urine ini bukanlah murah, jadi kita harus menganggarkannya. Di 2019 nanti akan kita anggarkan,” ucap Rafiq.

Sementara itu, kepala Satuan Polisi Pamong Praja AKBP TA Rahmah mengatakan, 208 orang anggota Satpol PP ini merupakan gabungan antara Satpol PP Pulau Karimun dan Pulau Buru.

“Untuk total keseluruhan ada sekitar 260 orang, tapi sekarang yang kita cek hanya 208 orang saja yang ada di Karimun dan Buru. Jadi sisanya akan kita cek setelah ini,” kata Rahman. (Parulian Turnip)