Karimun, Lendoot.com – Sebagian besar SMA sederajat di Karimun telah menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di tahun ini. Sementara untuk tingkat SMP direncanakan baru akan diberlakukan pada tahun 2019.

Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Riza Kurniati mengatakan pihaknya akan menjajaki PPDB online. Diantaranya adalah dengan mengajukan ke Pemerintah Pusat.

“Kita sudah merencanakannya. Kita harus lapor ke Pusat dulu baru mendapatkan servernya,” kata Riza.

Dalam penerapannya, pihak Disdik akan mempelajarinya dari daerah-daerah yang telah menggunakannya, seperti Batam dan Bintan.

“Untuk teknisnya kita mungkin ke Batam atau Bintan,” katanya.

Selain itu masalah kesiapan sekolah- sekolah di Karimun untuk bisa menerapkan sistem tersebut juga menjadi pertimbangan yang penting. Untuk saat ini kesiapan tingkat SMP dan SD dinilai masih belum siap perihal jaringan internet.

Riza menyebutkan, apabila pihaknya telah memiliki server PPDB online maka akan direrapkan terlebih dahulu di daerah yang memiliki jaringan internet yang mumpuni.

“Insya allah di tahun 2019 nanti kita mulai. Namun untuk awal kita terapkan di daerah kota, karena apabila di pulau mungkin terkendala sinyal,” terangnya.

Menurut Riza, penerapan PPDB secara online menciptakan kemudahan. Selain lebih mempermudah dalam melakukan pendaftaran masuk sekolah sistem ini juga dapat mencegah praktik pungli. (Parulian Turnip)