Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat diwawancarai wartawan di Gedung Nasional
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat diwawancarai wartawan di Gedung Nasional (ian)

Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa, Pemkab Karimun akan menganggarkan dana untuk biaya tes urine di kalangan pelajar pada tahun 2018. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan dini terhadap narkoba di lingkungan sekolah.

Menurut Rafiq, untuk melakukan tes urine tidak dapat dilakukan cuma-cuma karena membutuhkan alat untuk melakukan tes tersebut, sementara untuk alatnya tidak dapat dibebankan kepada BNNK Karimun, harus membutuhkan peran dari Pemerintah Daerah.

“Untuk tes urine ini tidak dapat dilakukan cuma-cuma, harus dibayar dan alat-alatnya itu tidak bisa dibebankan kepada Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun. Jadi kita minta nanti 2018 untuk dianggarkan, karena kalau sekarang kita tidak memiliki anggara untuk itu,” kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Senin (2/10/2017).

Apabila nantinya sudah ada anggaran untuk biaya tes urine, Rafiq menjelaskan bahwa, para guru, pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karimun akan dilakukan tes urine secara menyeluruh. Dengan dilakukannya tes tersebut menjadi salah satu bentuk pencegahan.

“Jadi nanti akan kita minta juga guru, seluruh pegawai ASN yang ada di Pemkab Karimun untuk dilakukan pengecekan tes urine, ini salah satu bentuk pencegahan, karena apabila ini sudah dilakukan mereka akan memiliki kebimbangan dan ketakutan untuk menggunakan narkoba, sebab sanksinya cukup berat apabila positif menggunakan,” ucap Rafiq. (ian)