Pekerja asing di PT Saipem Indonesia Karimun Branch dalam sebuah acara beberapa waktu lalu. (dok lendoot)
Pekerja asing di PT Saipem Indonesia Karimun Branch dalam sebuah acara beberapa waktu lalu. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Jumlah pekerja asing yang ada di Karimun sepanjang 2016 cukup fantastis. Dari data Imigrasi Karimun Klas II Tbk, pada 2016 lalu saja mencapai 3.300 orang yang tersebar di beberapa perusahaan di Karimun.

Dari jumlah itu yang bekerja di laut mencapai 1.435 orang, sementara yang bekerja di darat mencapai 1.865 orang. Terbanyak di antaranya bekerja di PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB).

Ini diungkapkan Kepala Seksi Informasi Sarana Komunikasi Keimigrasian (Insarkomkim) Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun Ryawantri Nurfatimah di ruang kerjanya, Rabu (8/2/2017).

 “Tugas Imigrasi hanya mengeluarkan izin tinggal saja, kalau tenaga kerja asing itu mau kerja apa dan dimana, tergantung rekomendasi dari instansi yang berwenang. Misalnya, jika mereka kerja di kapal maka harus ada rekomendasi dari Dinas Perhubungan atau kerja ikan dari Dinas Perikanan,” ungkap Ryawantri seperti dikutip dari Haluan Kepri.

Ryawantri mengatakan, seluruh TKA yang berada di Karimun itu bekerja di 58 perusahaan. Baik itu di darat maupun di laut. Jumlah TKA paling banyak berada di PT Saipem dengan total seluruhnya 982 TKA. Dari jumlah tersebut, paling banyak berasal dari negara Filipina sebanyak 503, India sebanyak 125, Thailand 165 dan Italia 96 orang.

TKA yang bekerja di laut masih didominasi dari Thailand, meski jumlahnya hanya 207 orang, sisanya berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Bangladesh, Myanmar dan China. Hampir semuanya bekerja diatas Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT Tambang Timah.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun Mas Arie Yuliansa Dwi Putro menambahkan, untuk pengawasan TKA di laut pihaknya melakukan secara rutinitas dengan melaksanakan patroli laut menggunakan kapal. Sementara, untuk TKA yang ada di darat dengan mengecek ke perusahaan yang ada di Karimun. (*/sjs)