Karimun, Lendoot.com – Dalam Rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53, Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun menggelar Khataman Alquran dan ini dilaksanakan serentak di Rutan dan Lapas diseluruh Indonesia.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan mengatakan, dengan digelarnya kegiatan Khatam Quran ini warga binaan dapat memacu iman sesuai dengan agama masing-masing agar dapat berubah menjadi lebih baik lagi.

“Harapan kita dengan adanya Khataman Quran seperti ini para warga binaan dapat terus memacu iman mereka sesuai dengan agama masing-masing untuk berubah menjadi lebih baik lagi,” ucap Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan, Kamis (20/4/2017).

Eri menuturkan, dalam pelaksanaan Khataman Quran ini, warga binaan didampingi para hafiz yang didatangkan dari Nusantara mengaji. Sementera untuk jumlah yang ikut Khataman Quran Ia menyebut ada sebanyak 150 orang.

“Karena ini kita pilah, mana yang belum bisa membaca Alquran, untuk itu kita pilih 150 orang dan mereka didampingi oleh Hafiz, jadi kalau ada bacaan yang salah ada yang menegur,” ucap Eri.

Sementara itu, Ketua Muslimat NU Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, para napi muslim perlu diajak mengaji bersama agar mental dan spiritual mereka semakin baik dan kuat, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran setelah keluar dari rumah binaan tersebut.

“Dengan kegiatan ini kita harapkan para napi dapat mengurangi stres dan tekanan yang sedang dihadapi para napi di dalam tahanan,” ujarnya. (ian)